Sunday, October 29, 2006

Polres Bangun 19 Pos Pelayanan

Jawa Pos - Radar Malang, Minggu 22 Oktober 2006

MALANG - Polres Malang menyiapkan 19 pos pelayanan menjelang Lebaran. Ke-12 pos itu disiapkan untuk mengamankan jalur lalu lintas yang terletak di pinggir jalan. Sedangkap 7 pos lagi dibangun untuk palayanan wisata.

Menurut Kasat Lantas Polresta Malang AKP Budi Mulyanto, pos yang dibangun itu untuk mendukung kelancaran saat lebaran tiba. Di samping itu, pos yang berada di beberapa tempat seperti Kasembon, Pujon, Lawang, dan Karangkates, dipersiapkan untuk mengantisipasi arus mudik lebaran. "Pos yang kami bangun untuk menunjang para pemudik saat melakukan perjalanan menuju kampungnya," terang lulusan Akpol 1997.

Selain menunjang kelancaran berlalu lintas, pos ini juga digunakan sebagai pusat informasi para pemudik. Sebab, di pos pelayanan yang dibangun ini, para pemudik dapat menanyakan informasi jalan yang dapat dilalui. "Kami juga memberikan jasa informasi jalur yang akan dilalui," ungkap Budi.

Jalur mana saja yang mempunyai kepadatan tertinggi? Budi menjelaskan, jalur yang diperkirakan padat saat lebaran tiba di antaranya Lawang, Kasembon, Pujon, dan Karangkates. Pasalnya di empat jalur tersebut, merupakan jalur utama keluar masuk wilayah Kabupaten Malang. "Di jalur itu kami akan memberikan pelayanan lebih karena diperkirakan adanya lonjakan arus lalu lintas," terang Budi.

Sedang untuk pos pelayanan pariwisata, Budi menempatkan di beberapa objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Tempat tersebut di antaranya Sengkaling, Mendit, Selorejo, dan sisanya di wilayah pantai. "Di tempat ini, para wisatawan domestik banyak yang datang untuk merayakan lebaran bersama keluarganya," papar Budi.

Untuk menunjang pos yang dibangun, Budi akan menempatkan anggotanya yang dibantu oleh anggota polsek setempat. Mereka akan mulai siaga sejak H-7 hingga H+7 selama lebaran. "Ini merupakan bagian dari tugas dan kami wajib untuk menjalankan," kata Budi. (bb)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home