Saturday, October 21, 2006

Konsumsi Premium Naik 7,5 Persen

Jawa Pos - Radar Malang, Sabtu 21 Oktober 2006

Sampai H+7 Lebaran, Pengelola SPBU Diminta Buka 24 Jam
MALANG - Memasuki H-4 Lebaran, mulai terlihat tren kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. Dari konsumsi harian sebesar 800 kilo liter (kl) per hari, naik menjadi 860 kilo liter. Permintaan tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga puncak arus mudik pada H-3 dan H-2 nanti. "Sudah mulai terjadi kenaikan permintaan. Kami pantau sejak H-7 lalu," kata Edith, Wira Penjualan Depo Pertamina Malang, kemarin.

Tentang penyebab kenaikan permintaan, Edith memprediksi karena banyak kendaraan pribadi yang mengisi premium lebih banyak dari rata-rata harian. Bisa jadi sebagai persiapan perjalanan jauh selama liburan Lebaran.

Sebaliknya, permintaan solar ternyata menurun dari rata-rata harian. Dari biasanya 300 kl per hari, menjadi 280 kl per hari. Diprediksi, penurunan tersebut karena berkurangnya operasional kendaraan angkutan barang menyusul larangan pengoperasian truk mulai hari ini. "Solar malah turun. Kalau konsumsi bus tetap stabil. Untuk minyak tanah, konsumsinya stabil sekiatar 670 kl per hari," tandas pria yang baru menjabat beberapa minggu itu.

Tentang suplai, Edith menegaskan berapa pun permintaan dari depo atau dari SPBU ke depo akan dilayani. Sebab stok yang ada sangat-sangat cukup. Mobil tangki pengangkut BBM di depo bahkan antre menunggu giliran menuangkan BBM ke tangker persediaan. "Stok melimpah. Tidak ada masalah," katanya.

Lebih dari itu, depo memberikan kebijakan bahwa delivery order (DO) dipermudah. SPBU bisa mendapat kiriman BBM yang diorder hari itu juga. Ketika mereka membayar hari itu, maka barang akan langsung dikirim. Kebijakan itu berbeda dengan hari-hari biasanya. Biasanya depo membutuhkan waktu sehari untuk memprosesnya. "Sekarang langsung dikirim begitu pembayaran lunas," tegas Edith.

Terkait kebijakan kelancaran penjualan, pertamina menginstruksikan kepada pengelola untuk membuka SPBU 24 jam. Hal itu dimulai H-7 hingga H+7. Terutama SPBU yang berada di jalan-jalan poros. "Mereka harus buka 24 jam agar masyarakat lebih mudah mendapatkan BBM kala mudik di malam hari," tandas Edith. (yos)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home