Sunday, October 29, 2006

Kepadatan Lalu Lintas Meningkat

Jawa Pos - Radar Malang, Minggu 22 Oktober 2006
MALANG - Kepadatan lalu lintas dari dan menuju Malang pada H-2 lebaran kemarin semakin meningkat. Bahkan sejumlah jalan protokol sempat macet. Itu disebabkan banyaknya kendaraan dari luar daerah atau Kota Malang berada di jantung kota.

Kasat Lantas Polresta Malang AKP Deden Sutriyatna Minhar mengungkapkan, kemacetan yang ada di jantung Kota Malang itu disebabkan banyaknya kendaraan menuju ke pusat perbelanjaan. Sebab, para pengguna jalan banyak sekali yang parkir kendaraan secara sembarangan. "Bukan saja parkir kendaraan yang benar, tetapi banyaknya kendaraan yang menuju ke pusat perbelanjaan meningkat hampir 200 persen," terang Deden.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas tersebut, anggota Satlantas Lantas Polresta Malang ditempatkan di beberapa titik rawan macetan. Misalnya di sekitar mall, pasar, dan terminal. Itu dilakukan agar lonjakan arus lalu lintas dapat diketahui dan cepat ditangani. "Dengan menempatkan personel di beberapa ruas jalan yang rawan macet dapat mencegah terjadinya kemacetan fital," terangnya.

Untuk menyikapi kemacetan tersebut satlantas juga membuat rekayasa terbatas. Yakni dengan memberikan rambu-rambu lalu lintas tambahan di gerbang pintu keluar masuk Kota Malang. Sebab, di tempat inilah petugas akan cepat mengantisipasi kemacetan yang terjadi. "Dari pantauan di beberapa gerbang masuk Kota Malang, kami dapat dengan mudah memantau kendaraan yang masuk ke wilayah kami," kata Deden.

Selain itu, sambung dia, satlantas juga menempatkan petugas di delapan pos pantau. Itu dilakukan untuk mempermudah pelayanan yang diberikan pada masyarakat. "Terutama menjelang lebaran kali ini, kami terus minta anggota selalu berada di posnya untuk memberikan pelayanan masyarakat dengan baik," paparnya.

Setelah lebaran, polisi akan kembali menempati posnya di sejumlah pintu keluar Kota Malang. Sebab perkiraan sementara, kendaraan yang masuk Kota Malang menjelang lebaran meningkat pesat. Itu tidak menutup kemungkinan juga terjadi setelah lebaran. "Yang terpenting menjelang dan selesai lebaran anggota akan kami kerahkan semua untuk mengantisipasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," ungkapnya. (bb)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home