Saturday, October 21, 2006

Kereta Naik, Bus Landai

Jawa Pos - Radar Malang, Sabtu 21 Oktober 2006

Arus Mudik Lebaran di Malang Mulai Terasa
MALANG - Pergerakan arus penumpang bus dan kereta api hingga H-5 lebaran kemarin masih landai. Di terminal Arjosari misalnya, jumlah penumpang belum mengalami lonjakan berarti. Bus reguler Malang-Surabaya masih mengangkut penumpang sebanyak hari biasanya. Kalau pun ada peningkatan, hanya sekitar 5 persen saja.

"Belum banyak penumpangnya. Lima menit mengambil penumpang, kursi belum penuh," kata Bagio, salah seorang juru penumpang di Arjosari, kemarin.

Dari data yang ada pada UPTD terminal Arjosari, satu bus melaju rata-rata empat rit atau dua kali pulang pergi (PP). Armada reguler mencapai 156 unit. Sehari, total perjalanan 312 rit. Jumlah penumpang berangkat per hari sekitar 9.000 orang.

Sementara, pantauan koran ini di Stasiun Kota Baru H-5 kemarin, penumpang menunjukkan peningkatan. Jumlah penumpang yang berangkat mencapai 2.896 orang dalam sehari. Kalau dibanding tahun lalu, ada kenaikan sekitar 541 orang. Jumlah komulatif orang yang diberangkatkan mencapai 12.158 penumpang. Ada kenaikan 12 persen dibanding hari sebelumnya.

Mulai hari ini, akan dibuka Gajayana Lebaran yang melayani rute Malang-Jakarta. Setiap tanggal ganjil,Gajayana Lebaran akan diberangkatkan pukul 09.00. Harga tiket mulai Rp 260 ribu hingga Rp 300 ribu. "Sehingga KA eksekutif yang melayani Jakarta-Malang ada dua. Yakni Gajayana Lebaran dan Gajayana Reguler," tandas Wahyuono Yuli, kepala Stasiun Kota Baru.

Sementara, arus lalu lintas di pintu keluar Kota Malang sebelah utara (Jl A. Yani Utara) juga masih normal. Siang kemarin kendaraan yang mendominasi adalah motor dan kendaraan pribadi. Beberapa truk juga masih beroperasi menunggu larangan yang dimulai hari ini. (yos)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home