Thursday, October 19, 2006

H-7 Lebaran, Mal Mulai Sesak

Jawa Pos, Radar Malang Senin 16 Oktober 2006

MALANG - Sepekan jelang Lebaran dimanfaatkan masyarakat untuk berbelanja. Dari pantauan koran ini, pusat-pusat perbelanjaan dan pasar modern mulai dipenuhi pengunjung. Baik masyarakat lokal maupun dari luar daerah.

Umat muslim sebagian besar memenuhi supermaket dan gerai yang menawarkan beragam pakaian. Beberapa konter baju muslim dan pernak-pernik perlengkapan lebaran serta barang pecah belah juga dipenuhi pengunjung. "Anak saya minta dibelikan baju. Saya carikan saja di sini karena lebih dekat," kata Eli Nur salah seorang pengunjung yang bermukim di kawasan Sumbersari.

Pengunjung tak hanya umat muslim yang berbelanja kebutuhan Lebaran. Umat lainnya pun memanfaatkan kesempatan akhir pekan untuk berbelanja kebutuhan harian. Umat non muslim memilih mencukupi kebutuhan untuk dua minggu ke depan dengan alasan menghindari kerumuman pembeli.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tiga-empat hari jelang Lebaran, masyarakat baru berbondong-bondong datang ke mal untuk berbelanja. Fenomena tersebut terjadi, salah satunya karena pembayaran THR biasanya dilakukan mendekati hari H lebaran.

"Pekan depan kan kurang tiga hari sebelum Lebaran. Pasti ramai dan saya tidak suka berbelanja kondisinya ramai sekali," jelas Cie Lan, seorang pengunjung mal terbesar di kawasan Jl Veteran Kota Malang, kemarin.

Sedangkan kondisi yang sama terlihat pada mal yang berada di sekitar alun-alun Kota Malang. Gerai pakaian mulai dijubeli konsumen. Diskon yang menggiurkan banyak tergantung di atap-atap. Lebih dari itu, meningkatnya pengunjung sempat membuat kondisi lalu lintas seputar alun-alun merambat.

Sementara itu, kesiagaan pengamanan di beberapa mal ditambah. Hal itu sebagai wujud antisipasi jumlah pengunjung yang makin meningkat. Pengelola mal tidak menginginkan ada gangguan selama masa jelang Lebaran. Mereka berupaya menciptakan kondisi yang nyaman dan aman bagi pengunjung. Beberapa mal menerapkan pemeriksaan tas ransel di pintu masuk utama. "Sudah mulai ramai. Kami siaga terus agar kondisi tetap nyaman," tegas seorang petugas keamanan mal yang berada di bawah manajemen Coldwell Banker Commercial. (yos)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home