Monday, January 08, 2007

Pedagang Keluhkan Keberadaan Supermarket

Radar Malang, Jumat 5 Januari 2007

Kurangi Kekumuhan, Tingkatkan Daya Saing
Tahap awal meningkatkan daya saing pasar adalah mengeliminasi kekumuhan. Kabag Lingkungan Hidup Pemkot Malang Suharyanto mengusulkan, untuk mengeliminasi kekumuhan, selain mengintensifkan petugas kebersihan, juga memperkuat sistem pengawasan.

Dia mengusulkan, untuk mengontrol masalah kebersihan di pasar tradisional, dilakukan pengawasan terpadu. Model pengawasan terpadu diberlakukan juga saat persiapan merebut Adipura tahun ini. "Pengawasan kebersihan hanya salah satu cara saja mengeliminasi kekumuhan. Tentunya mengajak partisipasi masyarakat juga menjadi pilihan cara yang harus dilakukan," kata Suharyanto.

Pengawasan terpadu adalah pengawasan dengan membentuk tim dari berbagai unit kerja. Mulai perekonomian, perindustrian, satpol PP, hingga dinas pasar sendiri. Setiap seminggu dua kali sepanjang tahun, tim tersebut keliling untuk melihat kebersihan semua pasar. Hasil yang didapat segera dievaluasi untuk kemudian dicarikan pemecahannya.

"Kerja tim tersebut jadi bahan untuk mencari solusi yang terbaik. Sebab semua pihak terlibat. Kalau akibat kekumuhan pasar tradisional kolaps, maka perekonomian yang kerjanya tidak maksimal. Jadi, semuanya terkait," kata Suharyanto.

Koordinator tim persiapan merebut Adipura 2007 ini melihat, pengawasan yang efektif, akan memberikan hasil yang memuaskan. Sebab rata-rata faktor lemahnya pengawasan yang membuat masalah tidak pernah tuntas. "Kita mulai dari pengawasan dahulu. Dari sini pasti nanti akan muncul solusi-solusi yang bisa mengubah wajah pasar tradisional," katanya. (yos)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home