Wednesday, November 08, 2006

Pemanfaatan Bio Fuel Digagas Dewan

Jawa Pos - Radar Malang, Minggu 5 November 2006

MALANG - DPRD Kabupaten Malang melontarkan gagasan penggunaan bahan bakar bio fuel. Sebab, produksinya ada di wilayah kabupaten.

"Kami akan membahas supaya bisa memberikan banyak manfaat," ujar Wakil Ketua Komisi D, Mohammad Nur Muchlas, kemarin.

Dijelaskan, upaya yang akan ditempuh dewan adalah dengan melakukan kajian mendalam tentang produksi bio fuel PT Molindo. Sehingga bisa direspons positif oleh warga kabupaten. "Saat ini, yang menggunakan penuh hanya karyawan Molindo, yang lainnya masih pikir-pikir," lanjut politisi PKB ini.

Dikatakan, jika bio fuel telah menjadi salah satu pilihan warga kabupaten, akan memberikan keuntungan bagi kabupaten. Dengan tingginya permintaan bakar tersebut, secara otomatis akan meningkatkan produksi. Kenaikan itiu akan diikuti dengan bertambahnya bahan baku yang ikut naik. Lalu, penambahan karyawan dan bertambahnya pajak bagi pemerintah. "Kami membidik multiplayer effect. Nantinya juga akan kembali pada masyarakat kabupaten," lanjutnya.

Lantas apa yang akan dilakukan? Muchlas menambahkan, untuk mewujudkan wacana tersebut, pihaknya akan banyak melakukan sosialisasi. Namun sebelum melakukannya, akan membahas persoalan itu terlebih dahulu dengan dinas terkait. Yakni pejabat di dinas energi sumber daya mineral dan lingkungan hidup (ESDM LH) dan diskoperindag. "Mutlak melibatkan mereka karena yang mempunyai kewengan adalah pemkab. Kami hanya mengawal saja," lanjut anggota panitia anggaran ini.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas ESDMLH Budi Iswoyo mengaku telah lama mengkaji energi terbaru yang diproduksi di wilayah kabupaten. Termasuk bagaimana pengembangannya di kabupaten dengan kekayaan alam yang cukup melimpah. "Sebelum menjadi isu nasional, kami telah membahasnya," ujarnya.

Hanya saja, hingga detik ini pihaknya belum menerima pemberitahuan dari anggota dewan tentang rencana kajian tersebut. "Pada prinsipnya sama, kami ingin mengembangkan kabupaten menjadi lebih baik dengan memanfaatkan potensi yang ada," pungkasnya. (yak)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home