Monday, September 25, 2006

Tingkatkan Pelayanan, Terjunkan 20 Banser

Jawa Pos - Radar Malang, Senin 21 September 2006

MALANG - Selama Ramadan, Takmir Masjid Agung Jamik meminta bantuan 20 anggota banser untuk menjaga keamaan masjid. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan jamaah masjid.

Koordinator Keamanan Masjid M. Sarbini, mengatakan, banyaknya masyarakat yang menjalankan salat tarawih di Masjid Jami maka membutuhkan pengamanan yang ekstra. Oleh karena itu, harus ada petugas yang mengawasi keamanan. "Masyarakat yang salat tarawih di sini ribuan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami siapkan petugas untuk menjaga keamanan," ungkapnya.

Untuk diketahui, salat tarawih pertama jamaah baik laki-laki maupun perempuan membanjiri salah satu masjid tertua itu. Jamaah laki-laki ditempatkan di lantai I dan II. Sedangkan jamaah perempuan menempati lantai III.

Sementara itu, 20 anggota banser yang diterjunkan untuk menjaga keamanan, kata Sarbini, diberikan peran dan tugas yang berbeda. Misalnya ada yang bertugas menjaga keamanan alas kaki, menjaga dan mengatur kendaraan yang diparkir. "Kami berharap dengan dibagi peran seperti itu, kami dapat menjaga kondisi keamanan saat salat tarawih. Agar masyarakat yang salat di sini menjadi khusuk," ujarnya.

Lebih lanjut, Sarbini mengatakan, akan menambah petugas keamanan, jika puasa telah memasuki hari ke-20. Pasalnya, jika puasa telah memasuki hari ke-20 dan seterusnya, jumlah masyarakat yang menjalankan salat tarawih terus bertambah. Karena itu, wajib hukumnya untuk menambah petugas. "Yang jelas kami kewalahan, jika hanya 20 orang yang menjaga keamanan untuk ribuan jamaah," tandas Sarbini. (sis)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home