Monday, September 25, 2006

PDAM Enggan Bangun Jaringan Baru

Jawa Pos - Radar Malang, Senin 25 September 2006

MALANG - Perjuangan masyarakat empat kelurahan untuk mendapatkan air bersih pada 2007 kelihatannya sulit terealisasi. Jawaban ini didapat setelah PDAM memastikan bahwa mereka tidak mempunyai program sama sekali untuk membuat jaringan baru guna mengaliri empat kelurahan yang sampai saat ini belum pernah mendapatkan air bersih.

Keempat kelurahan di Kota Malang tersebut adalah Kelurahan Tlogowaru, Cemorokandang, Tasikmadu, dan Buring. Direktur Utama PDAM Heriyadi Santoso menerangkan, untuk membuat jaringan baru tersebut, dibutuhkan dana yang sangat besar, yakni sebesar Rp 11 miliar.

Dana sebesar itu, kata Heriyadi, tidak dimiliki PDAM. Karenanya, jika dana pembuatan jaringan baru tersebut dibebankan pada PDAM, maka bisa dipastikan PDAM tidak akan mampu. Selain itu, PDAM juga tidak mau menanggu risiko yang sangat besar. Saat ini, sambung dia, PDAM mempunyai beban utang yang sangat besar. Yakni beban utang sebesar Rp 27 miliar kepada sebuah bank dan beberapa pinjaman lainnya. "Selain pinjaman ke bank, PDAM juga mempunyai tanggungan kepada Depatermen Keuangan RI yang sampai saat ini belum lunas," ujar Heriyadi.

Karena banyaknya tanggungan itulah, PDAM tidak mampu membiayai pembuatan jaringan baru. "Kami tidak kuat lagi untuk meminjam dana ke bank atau ke pihak ketiga. Selama ini, dalam membuat jaringan baru, biasanya PDAM pinjam ke bank atau pihak lainnya," sambungnya.

Heriyadi mengutarakan, jika memang masyarakat dan anggota DPRD Kota Malang minta agar PDAM membuat jaringan baru, maka ia mengharapkan agar pembuatan jaringan baru tersebut menjadi tanggungan Pemkot Malang. Sehingga, semua pembiayaan pembuatan jaringan bari tersebut merupakan tanggung jawab dan beban APBD.

"Kalau Pemkot Malang mampu menanggung semua pembiayaan pembuatan jaringan baru, kami secara teknis siap-siap saja. Yang menjadi permasalahan adalah dana, jika dana sudah bisa teratasi maka tidak ada yang sulit," papar Heriyadi.

Di tempat terpisah, Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengharapkan, agar empat kelurahan tersebut bisa segera menikmati aliran air bersih. "Karenanya, kami akan mengusahakan agar pembuatan jaringan tersebut bisa dilaksanakan dengan dana APBD," kata Sofyan. (fir)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home