Sunday, September 24, 2006

Dewan Kritisi Minimnya Ruang Publik

Jawa Pos - Radar Malang, Minggu 26 September 2006

MALANG - Kelangkaan taman bermain anak-anak dan ruang publik di Kota Malang menimbulkan keprihatinan anggota DPRD Kota Malang. Keprihatinan anggota dewan itu bertambah, ketika melihat anak-anak tersebut bermain di tempat yang tidak layak seperti kolam air di tengah-tengah taman Jl Ijen.

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Nurwachid menjelaskan, banyaknya anak-anak yang bermain di tempat-tempat yang terlarang tersebut seharusnya segera diperhatikan oleh Pemkot Malang. Misalnya, dengan membuat taman-taman bermain yang representatif bagi anak-anak.

Sebab, jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus bermain di daerah tersebut, maka psikologis atau keselamatan jiwanya terancam. "Jl Ijen termasuk jalan dengan arus lalu lintas yang padat. Namanya anak-anak, mereka bisa menyeberang sembarangan tanpa menghiraukan bahayanya," kata Nurwakhid.

Minimal, lanjut politikus asal PKB tersebut, Pemkot Malang tidak menghilangkan ruang terbuka hijau atau ruang publik. "Sehingga anak-anak Kota Malang tidak terlantar dan tidak kesulitan mencari tempat bermain yang aman," tambahnya.

Karena itu, agar ruang publik dan ruang terbuka hijau tidak semakin tergusur, Nurwachid mengharapkan agar pemkot memperhatikan amanah Menteri Pemuda dan Olahraga RI Adhyaksa Dault. "Beliau mengatakan, ruang publik, taman olah raga, dan ruang terbuka hijau harus dilindungi keberadaannya. Jangan sampai tergusur oleh gedung ataupun bangunan," sambung dia.

Hal serupa juga disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Ahmadi. Menurutnya, kegiatan bermain yang dilakukan di taman Jl Ijen tersebut membuktikan bahwa ruang publik semakin berkurang. "Hanya ada satu solusi yang bisa dilakukan pemkot, yakni mempertahankan ruang publik yang sudah ada, kalau perlu menambah lahan," jelas Ahmadi.

Sayangnya, dalam beberapa tahun ini, lanjut dia, kebijakan-kebijakan yang diambil pemkot cenderung mengurangi keberadaan ruang publik. Seperti berdirinya Malang Town Square yang berdiri di atas ruang terbuka hijau dan Malang Olympic Garden yang berdiri di sarana olah raga. (fir)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home